Jumat, 02 September 2011

TIPS MUDIK: OBAT NGANTUK ADALAH...TI...TI...TIDUR...!!!

Salah besar kalau anda mengantuk lantas anda mengkonsumsi minuman pembangkit stamina atau minuman energy. Bagi anda yang melakukan hal tersebut saya yakin 150% anda tidak menyimak pelajaran jaman TK dahulu. Kalau laper, obatnya ma-em. Kalau pilek dada sesek, obatnya dikerokin. Kalau ngantuk, obatnya tidur. Begitu kata ibu guru TK.

Namun anehnya, mungkin juga pengaruh iklan, masyarakat jadi cenderung suka mengkonsumsi suplemen atau minuman energy untuk mengatasi kelelahan.

Padahal dengan melakukan perencanaan yang tepat sebelum anda melakukan perjalanan, anda bisa mengatasi kelelahan dan rasa kantuk di perjalanan. Beberapa tip dari saya berikut ini:
1. Cukupkan istirahat anda sebelum melakukan perjalanan.
2. Jangan lakukan perjalanan bila anda merasa masih terlalu lelah, lebih baik beristirahat terlebih dahulu.
3. Makan dan minum secukupnya, karena terlalu banyak makan akan memicu rasa kantuk dan cepat lelah anda.
4. Perhatikan kondisi kendaraan anda, karena salah setting pada kendaraan anda akan menimbulkan rasa lelah dan kantuk yang lebih cepat dari seharusnya.
5. Begitu anda merasa lelah atau telah melewati jam lelah, maka segeralah mencari tempat untuk beristirahat.
6. Ingatlah selalu, tidak ada orang terluka karena menahan lapar tetapi banyak orang terluka karena menahan kantuk.

Jadi tidak seharusnya anda menggunakan suplemen untuk mengatasi rasa kantuk anda. Hutang istirahat, dibayar dengan istirahat. Hutang tidur, dibayar dengan tidur. Bukan dengan suplemen atau minuman energy.

Dr Sadoso Wirosarjuno dalam salah satu artikelnya pernah mengatakan, selain belum tentu manfaatnya, suplemen justru memperberat kerja ginjal anda. Selamat beristirahat dan selamat mudik. Salam untuk keluarga...@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar