Sabtu, 13 Oktober 2012

NEW FRESH AIR

Ada dua hal yang mesti ada di Indonesia saat ini, yaitu: Social Media dan Blackberry. Pertumbuhannya sangat luar biasa dalam tiga tahun terakhir ini. Bahkan sempat ada yang berseloroh Indonesia negaranya fesbuk dan blackberry. Alhasil rencana peluncuran produk terkini Blackberry 10 pun akan dimulai dari Indonesia.

Menurut hemat saya mengapa kedua jenis komoditi tersebut laris manis di sini adalah yang pertama karena banyaknya rekan dan kolega user yang menggunakan media yang sama. Sehingga hal tersebut mengundang kolega lainnya untuk menjadi user. Alasan kedua adalah karena faktor cost yang relatif terjangkau. Untuk berlangganan service Blackberry yang bisa mengakses social media hanya dibutuhkan biaya yang tak lebih dari 50.000 rupiah. Bertolak belakang dengan service internet dan data apabila user menggunakan iPhone atau smartphone lainnya. Selain harga iPhone itu sendiri yang memang lebih mahal.

Dari situlah muncul informasi-informasi ataupun quote-quote yang sebelumnya hanya bisa diperoleh dari milist, sekarang bisa diterima secara real time melalui BBM Group maupun Social Media. Ada yang berupa cerita-cerita, artikel keagamaan, promosi barang dagangan, hingga quote-quote motivasi. Untuk yang terakhir ini, jumlahnya hampir tak terhitung. Banyak sekali quote motivasi yang diunggah di fesbuk maupun bbm broadcast.

Tentunya ini hanyalah sekedar berkilah apabila orang beralasan menggunakan media untuk memperoleh semangat melalui quote motivasi. Quote motivasi hanyalah pelengkap dari eksistensi social media di sini. Terlalu berlebihan kalau berharap mendapatkan petunjuk hidup dari social media. Lebih baik semua diletakkan pada porsi yang semestinya.

Namun terlepas dari itu semua, ada benarnya bahwa manusia tidak akan bisa survive apalagi eksis tanpa motivasi. Mungkin saja kita mampu bertahan dengan tidak minum selama satu hari atau bahkan tidak makan sampai beberapa hari, tapi tanpa semangat sedetikpun manusia tidak akan hidup. Sedetik itu manusia habis pengharapan, maka habislah riwayat hidupnya....@