Rabu, 16 Oktober 2013

PRISONERS : JIWA-JIWA YANG TERPENJARA

Awalnya film ini hanya bercerita tentang dua keluarga yang hidup bertetangga dengan rukun sedang merayakan hari Thanksgiving bersama. Namun tiba-tiba peristiwa yang tidak diharapkan terjadi di hari itu. Dua anak perempuan berumur 6 tahun dari keluarga Keller Dover (Hugh Jackman) dan Franklin Birch (Terrence Howard) hilang. Hingga petang menjelang Anna (Erin Gerasimovich) dan Joy (Kyla Drew Simmons) tidak juga ditemukan. Yang sempat diingat oleh Ralph (Dylan Minnette), kakak laki-laki Anna, bahwa sebelum mereka hilang, Anna dan Joy bermain-main di sekitar mobil van berwarna kuning.

Kasus ini akhirnya ditangani oleh Detektif Loki (Jake Gyllenhaal) seorang detektif yang tidak pernah gagal menangani kasus-kasusnya. Namun rupanya kasus ini tidak semudah kasus-kasus sebelumnya. Meski puluhan polisi dikerahkan untuk mencari di seluruh hutan, tapi Anna dan Joy tidak juga bisa ditemukan.
 
Penculikan anak biasanya dilatarbelakangi faktor ekonomi, permintaan tebusan sejumlah uang. Tapi rupanya kali ini tidak mengarah pada dugaan penculikan karena tidak ada permintaan tebusan atau semacamnya. Hampir-hampir polisi berkesimpulan kedua anak perempuan itu memang sengaja kabur dari rumah mereka.
 
Nah, setelah ini barulah kejadian saling memenjarakan terjadi. Detektif Loki berhasil menangkap seorang tersangka yang mengendari mobil van yang sama dengan mobil di tempat kejadian. Namun tak lebih dari 48 jam Alex Jones (Paul Dano) dibebaskan kembali karena ternyata IQ-nya tidak lebih dari anak berumur 10 tahun.
 
Namun Keller tidak bisa menerima kenyataan Alex Jones dibebaskan. Keller punya keyakinan sendiri bahwa Alex adalah pelaku penculikan anak gadisnya, atau minimal dia mengetahui dimana keberadaan Anna. Keller pun menangkap Alex dan memenjarakannya di suatu gedung tua. Alex disiksa setiap hari di sana.
 
Sementara itu Detektif Loki berhasil menangkap tersangka lainnya yaitu Bob Taylor (David Dastmalchian). Tak sampai 48 jam Detektif Loki memenjarakannya, karena Bob keburu bunuh diri setelah berhasil merebut pistol dari salah seorang penjaga dan menembak kepalanya sendiri.
 
Pada akhirnya, tidak seorangpun menduga, kecuali Keller, kalau ternyata Holly Jones (Melissa Leo), bibi dari Alex Jones, yang menculik anak-anak itu dan memenjarakan mereka di rumahnya. Holly memenjarakan anak-anak itu dengan cara memberikan mereka permainan labirin yang mereka tidak boleh pulang sebelum labirin itu diselesaikan. Sebuah penjara yang lain.
 
Di balik itu semua adalah niat jahat Holly untuk menjadikan orang tua-orang tua semacam Keller agar dicekam oleh kemarahan dan berubah menjadi iblis. Dan pada akhirnya iblis-iblis bertempat di penjara.@
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar