Sabtu, 20 Agustus 2016

KETIKA EMHA KAGUM KEPADA ORANG INDONESIA

Beberapa waktu yang lalu negeri ini dibuat geger oleh dua peristiwa. Yang pertama lantaran ada menteri yang berpaspor Amerika. Dan yang kedua lantaran ada anggota Paskibraka yang berpaspor Prancis. Indonesia memang sejak dulu menjadi tempat berkumpul orang-orang berbagai bangsa. Dan diakui atau tidak, Indonesia menjadi tempat yang menarik bagi orang asing untuk mengais rejeki, meski di sisi lain rakyat Indonesia sendiri dibuat minder dan tidak bangga dengan Indonesia-nya. Maka berkacalah pada Emha yang kagum kepada orang Indonesia.

Melalui 9 (sembilan) artikelnya, Emha menggambarkan keunggulan-keunggulan bangsa Indonesia dibanding bangsa lain. Tulisan yang tidak populer dibandingkan misalnya Mochtar Lubis yang mendapati sifat-sifat orang Indonesia yang
kesemuanya negatif, kecuali satu dua yang positif yaitu artistik dan suka seni. Begitupun Taufik Ismail menulis Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia. Alih-alih mendukung pendapat kedua seniornya, Emha malah menyatakan orang Indonesia adalah kaptennya kesebelasan dunia. Ibarat bermain sepak bola, kapten adalah pemain yang memiliki determinasi dan penguasaan terhadap seluruh sisi lapangan dan pemain. Ia bisa berdiri pada posisi mana pun. Mengapa bisa begitu? Ya memang begitu. Karena dari sononya, gen orang Indonesia itu berwibawa dan menang "awu". Awu atau abu. Kalau dalam bahasa Jawa, orang hebat itu disebut "ngawu-awu".

Indonesia itu bangsa yang besar tapi tak butuh kebesaran. Meskipun tidak jarang dalam konteks pergaulan internasional Indonesia direndahkan, namun sejatinya tidak demikian martabat bangsa Indonesia. Orang Indonesia cuma tidak mau ketahuan jati dirinya. Segala kerendahan itu hanyalah kamuflase belaka. Bagi setiap orang Indonesia yang bermental Indonesia, itu hany membuatnya geli dan tersenyum gembira. Bukan tersenyum kecut. Orang Indonesia tidak membantah citra semacam itu. Sebab, kalau dibantah akan menjadi diketahui orang siapa sesungguhnya Indonesia. Orang Indonesia membiarkan masyarakat dunia mengejeknya, justru supaya tercipta kesan seperti itu tentang Indonesia. Itulah yang namanya kearifan.

Apakah benar orang Indonesia itu pemalas? Emha punya jawabannya. Kemalasan orang Indonesia sejatinya adalah rasa syukur terhadap karunia Tuhan terhadap sepenggal surga yang dihadiahkan kepada orang Indonesia. Itu bukan karena orang Jawa pemalas dan bukan karena manajemen pemerintahan Indonesia bodoh, melainkan karena bangsa kita tidak perlu cemas: sewaktu-waktu bisa menanam padi sambil tidur dan memaneninya sambil mengantuk - sebagai rasa syukur kepada Allah atas nugerah alam subur indah dari-Nya.

Orang yang masih mengejar kebesaran adalah orang yang masih kecil atau kerdil. Orang yang masih sibuk mengejar proyek dan kekayaan berarti dia orang miskin. Indonesia tidak pernah mengejar-ngejar kemajuan karena sudah maju. Indonesia tidak pernah bernafsu terhadap kehebatan karena aslinya memang sudah hebat.

Lantas pertanyaan terakhir dari saya, setelah ditempeleng dengan 9 (sembilan) tulisan satir dari Emha, masih mungkinkah orang Indonesia terkantuk-kantuk dan tak bangun-bangun?@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar