Selasa, 12 November 2013

AVATAR - THE LAST AIR BENDER

Aang, Sang Avatar pengendali udara diketemukan kembali setelah menghilang seratus tahunan. Ditemukan pada saat yang tepat, yaitu di saat Negara Api (Fire Nation) sedang merajalela menaklukkan satu per satu negeri yang ada. Sebagaimana diketahui, di dunia ini terdapat Empat Kerajaan yaitu Udara, Air, Tanah, dan Api. Dan dari legenda yang ada hanya Avatar yang mampu menguasai keempat elemen Udara, Air, Tanah, dan Api, sehingga selain menjadi pemersatu dunia, Avatar juga menyatukan empat Negeri Spirit. Akan tetapi Negara Api tidak
ingin ini terjadi. Penguasa Negara Api tidak mempercayai Negeri Spirit. Karenanya satu persatu Kerajaan dia taklukkan, namun Avatar selalu menjadi ancaman, karena hanya Avatar yang bisa menguasai empat elemen, dan yang lebih penting lagi Avatar selalu ber-reinkarnasi.

Kabar meunculnya Aang, Sang Avatar Terakhir, merambah cepat ke seluruh kerajaan. Kedatangan Aang adalah kabar gembira bahwa sebentar lagi perdamaian dunia akan tercapai. Dan dari perjalanan Aang diketahui bahwa sebagian besar negeri telah dilumpuhkan dan dijadikan
budak oleh Negara Api. Meskipun kemampuan mereka sebenarnya masih ada, namun semangat dari negeri-negeri ini seperti lumpuh. Penduduknya sudah mulai berubah menjadi penduduk bermental budak yang takut memperjuangkan nasibnya sendiri, dan bergantung pada Avatar.

Demi mendengar pendapat bahwa dunia membutuhkan Avatar untuk memimpin kebangkitan harga diri negeri-negeri, Katara dan Sokka (Pengendali Air yang menemukan Avatar) segera meminta Aang untuk bertindak sesuatu. Tapi di luar dugaan, ternyata Aang mengatakan tidak bisa. Mengapa tidak bisa? Karena Aang belum menguasai ketiga elemen lain selain udara. Mengapa bisa begitu? Karena Aang keburu melarikan diri dari kuil Avatar sebelum belajar keempat elemen secara lengkap.

Apa yang harus dilakukan sekarang? Aang harus mengejar ketertinggalan pelajarannya selama seratus tahun ini. Aang harus mulai memperdalam ketiga elemen yang belum dikuasainya. Lalu diputuskan untuk memulai dari unsur Air, Tanah, lantas terakhir Api. Seratus tahun lalu Aang memang melarikan diri dari kuil karena tidak bersedia menjadi Avatar, karena menjadi Avatar adalah pengorbanan, Avatar tidak berkawin. Aang tidak mau begitu. Akan tetapi demi menyelamatkan dunia di masa sekarang, Aang bersedia menguasai elemen lain untuk menjadi Avatar. Apakah Avatar berhasil menyelamatkan dunia? Apakah Aang juga berhasil menjadi Avatar Terakhir sekaligus Avatar pertama yang berkawin? Ikuti saja kisah-kisah "The Last Air Bender" ini selanjutnya.

Secara umum tidak ada kejutan dari film ini karena kisah-kisahnya sudah biasa kita lihat dalam serial Avatar di Nickelodeon ataupun dari buku-komiknya. Namun yang jelas keunggulan film ini yaitu interpretasi yang pas dalam visualisasi tokoh dan gerakan. Urusan spirit pasti berlatar belakang Cina-Jepang, itu bisa kita lihat di film ini. Hebatnya sutradara, dalam pemilihan tokoh tidak terbatas pada satu bangsa tertentu. Di film ini akan kita temui pemeran dari berbagai suku bangsa. Selain itu visual efek dari kompu-grafik hampir sempurna mendekati realitas.

Kelemahan film ini adalah ceritanya sudah terlalu sering kita dengar sehingga lama-kelamaan bisa timbul kebosanan. Dan yang kedua adalah Zukho, Sang Pangeran Negara Api, karakternya kurang garang dan misterius.........@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar